BERBAGAI LAYANAN JARINGAN DAN KEUNTUNGAN DARI PENGGUNA INTERNET/ INTRANET

A. Mailing list
mailinglist sering disebut dengan milis, yaitu layanan internet sebagai pengembangandari email yang di fungsikan untuk berdiskusi. Melalui milis kita dapat menyampaikan pengumuman seperti lomba pidato, olimpiade, science, artikel menarik, dll.
Setiap email yang dikirimkan akan disampaikan kepada seluruh anggota sehingga mendapatkan informasi. untuk mendapatkan layanan milis kita dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh www.yahoogroups.com

b. Newsgroups
newsgroups adalah aplikasi internet yang berfungsi untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain guna membahas suatu topik dalam sebuah forum. group group akan menjadi sarana pertemuan jarak jauh secara elektronik. contoh: diskusi tentang indonesia alt.culture. indonesia, soc. culture. indonesia; tentang internet alt.internet; tentang serial t: alt.tv.x-vile, alt. tv .xena, tentang hobi: alt. vilateli.rec. colection stamps.

C.Usenet
     usernet merupakan layanan berupa pengiriman email ke suatu grup diskusi yang memeiliki topik diskusi tertentu.

D. Ghoper
ghoper adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet dari server yang mendukung protokol gopher. Perbedaan gopher dengan web adalah gopher tidak bisa menampilkan gambar tetapi hanya teks saja.

E. Name server yang berguna sebagai penyimpanan basis data nama host yang digunakan pada internet

F. Bookmark
Bookmark adalah fasilitas yang memungkinkan halaman wibsite yang di sukai dapat di simpan dalam folder favorit sehimgga penganksesan selanjutnya menjadi lebih mudah.

G. Blog
Webblog atatu blog adalah jenis situs web yang biasanya di susun dalam urutan kronologikal (urutan waktu kejadian) dari yang terbaru (postingan terbaru) di bagian atas halaman utama (homepage) menuju ke posting paling lama ke bawah.
Dari berbagai layanan tersebut di atas dapat di ambil keuntungan dalam penggunaan jaringan internet/intranet, sebagai berikut
1. produktifitas kerja meningkat
2. efesiensi waktu, karena untuk backup data dapat berlangsung lebih cepat dan mudah
3. sebagai alat komunikasi karena dapat menghubungkan  ke banyak komputer dan terkoneksi ke jaringan internet.
4. sistem publikasi web
5. efektifitas biaya, dengan adanya peningkatan pada produktivitas kerja dan efesien waktu dapat menekan biaya produksi.
6. keseragaman informasi.
7. meningkatkan kerja sama
Dari banyaknya k
euntungan yang kita peroleh,  ada juga kelemahan dalam penggunanan jaringan internet/intranet, antara lain sebagai berikut.
1. informasi yang salah atau tidak sesuai sehingga mengurangi efektifitasnya
2. interaksi di internet yang mungkin tidak bertanggung jawab.
3. perlu pelatihan khusus untuk anggota dalam menggunakan intranet
4. perlu tenaga ahli untuk membangun atau mengembangkan intranet d.i sebuah organisasi atau perusahaan.
5. bisa terjadi overload (data penuh) akibat pengiriman pesan antar pengguna yang tidak terkontrol dengan baik.


SUMBER DARI : BUKU TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI/ KELAS 9 SEMESTER GANJIL/ GRAND STAR 


EmoticonEmoticon