BERBAGAI LAYANAN JARINGAN DAN KEUNTUNGAN DARI PENGGUNAAN INTERNET/INTRANET

A. Telnet (Remote login)

      Telnet adalah aplikasi remote login internet. Telnet digunakan untuk login ke komputer lain di internet dan mengakses berbagai macam pelayanan umum. termasuk katalog perpustakaan dan berbagai macam database. Talnet memungkinkan pengguna untuk duduk didepan komputer yangt terkoneksi ke internet dan mengakses komputer lain yang juga terkoneksi ke internet. Dengan kata lain koneksi dapat terjadi ke mesin lain di satu ruangan, satu kampus, bahkan setiap komputer di seluruh dunia. setelah terkoneksi, input yang diberikan pada keyboard akan mengontrol langsung ke remote komputer tadi. Akan dapat diakses pelayanan apapun yang disediakan oleh remote machine dan hasilnya ditampilkan pada terminal lokal. Dapat dijalankan session interaktif normal (login, eksekusi command), atau dapat diakses berbagai service sperti: melihat catalog dari sebuah perpustakaan, akses ke teks dari USA today, dan masih banyak lagi service yang disediakan oleh masing-masing host pada di network.

     Telnet menggunakan 2 program, yang satu adalah clinet (talnet) dan sserver (telnetd). yang terjadi adalah dua program yang berjalan, yaitu software client yang dijalankan pada komputer yang meminta  pelayanan tersebut dan software server yang dijalankan oleh computer yang menghasilkan pelayanan tadi.
 
     Network terminal Protocol (telnet) memungkinkan pengguna komputer dapat melakukan login ke dalam suatu komputer di dalam suatu jaringan secara jarak jauh.jadihal ini berarti bahwa pengguna menggunakan komputernya sebagai perpajangan tanan dari komputer jaringan tersebut.


B. Remote execution
       Memungkinkan pengguna komputer untuk menjalankan suatu program tertentu di dalam komputer yang berbeda. biasanya berguna jika pengguna menggunakan komputer yang terbatas, sedangkan ia memerlukan sumber yang banyak dalam seuatu sistem komputer.
      Ada beberapa jenis remote execution, ada yang berupa perintah-perintah dasar saja, yaitu yang dapat dijalankan dalam system komputer yang sama dan pula yang menggunakan sistem remote procedure call (RPC), yang memungkinkan program untuk memanggil subrutin yang akan dijalankan di sistem komputer yg berbeda. (sebagai contoh dalam Berkeley UNIX ada perintah rsh dan rexec).


C. Network file system (NFS)
         Adalah sebuah kumpulan protokol yang digunakan untuk mengakses beberapa sistem berkas melalui jaringan. Pelayanan akses berkas-berkas yang dapat diakses dari jarak jauh yang memungkinkan klien-klien untuk mengakses berkas pada komnputer jaringan, seolah-olah berkas tersebut disimpen secara lokal.


D. Network file system (NFS)
          IRC adalah suatu bentuk komunikasi di internet yang diciptakan untuk komunikasi interpersonal terutama komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel(saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi. Fasilitas ini kita gunakan ketika melalukan chatting lewat internet. Dengan IRC kalian bisa bercakap-cakap dengan teman yang berada di tempat yang jauh. salah satu aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet adalah mIRC. chatting dilakukan dengan mengetikkan naskah yang akan kita sampaikan kepada teman chatting kita.

Tetapi kelemahan dari mIRC adalah :

-  Kita tidak bisa berbincang dengan media suara dan gambar seperti di Yahoo Messenger atau  

   CamFrog atau MSN. Anda hanya bisa berbincang dengan basis teks.

-  Tidak bisa memilih regional/domisi dari teman chatting kita secara pasti. 
    Seiring perkembangan jaman, chatting diinternet dilengkapi dengan sarana/alat untuk menampilkan gambar. Adapun alat tersebut sering disebut dengan istilah webcam
.


  

" Sumber diambil dari: Buku LKS teknologi  informasi dan komunikasi kelas IX semester Ganjil/Grand star. 


EmoticonEmoticon