Generasi Komputer


Generasi Komputer

   1.      Komputer Generasi Pertama (1953-1958)
Komputer generasi pertama adalah komputer yang menggunakan intruksi operasi yang dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data

   a.       Komputer Analog
Komputer analog berkembang pada masa sebelum perang dunia II, dengan menggunakan sistem mekanik atau elektrik untuk melakukan pengolahan data. Data yang dapat di olah terbatas dan akurasinya rendah.
Komputer analog digunakan pada peralatan perang untuk membantu sistem pengunci sasaran pada beberapa jenis kapal perang. Sebagai contoh Mark 1 Fire Control Computer.
Beberapa universitas amerika membuat komputer analog untuk melakukan penghitungan yang rumit.  Contoh Differential Analyzer ditemukan oleh James Thomson (1876) dibangun oleh H.W.Nieman dan Vannevar Bush di MIT dibangun (1927)

   b.      Komputer Digital
Perang dinia II membuat negara-negara yang terlibat perang mengembangkan komputer untuk potensi yang strategis. meningkatkan pendanaan pengembangan komputer, serta mempercepat kemajuan tehnik komputer. Komputer digunakan untuk membantu pembuatan peluru kendali sampai pembuatan bom atom.
Jerman (1941) Konrad Zuse insinyur Jerman membangun komputer, Z3 untuk mendisain pesawat terbang dan peluru kendali.
Sekutu (1943) inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan jerman

   c.       Mark I
Amerika Howard H.Aiken (1900-1973) seorang insinyur Harvard bekerja dengan IBM meproduksi kalkulator elektronik, merupakan komputer relai elektronik menggunakan signal elektromagnetik untuk menggerakkan komputer mekanik. mesin tersebut beroprasi dengan lambat dan tidak fleksibel dapat melakukan perhitungan aritmatika dasr dan persamaan yang lebih kompleks.

   d.      ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer)
Numerical Intregator and Computer Eniac Dibuat oleh kerjasama antara pemerintah amerika serikat dan university of pennsylvania dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W.Mauchly komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160 kW merupakan komputer serba guna.

   e.       EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
Pada pertengahan 1940-an, John Von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennslyvania untuk membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von mendesin EDVAC pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung program ataupun data. Kunci utama arsitektur Von adalah CPU, yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.

f.       UNIVAC (Universal Automatic Computer)
Tahun 1951, UNIVAC I yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von tersebut. Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric adalah beberapa organisasi yang memiliki UNIVAC. Salah satu hasil paling mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC adalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwiligth D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.  

   2.      Komputer Generasi Kedua (1958-1966)
Perkembangan komputer generasi ke II dipengaruhi oleh penemuan transistor pada tahun 1984. Komputer generasi ke II juga didukung oleh penemuan memori dari inti magnetik yang lebih kecil, cepat, dan lebih bisa diandalkan serta hemat energi.
Transistor mulai digunakan dalam komputer pada tahun 1956. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen yang dapat dikatakan mirip dengan komputer saat ini : printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem oprasi dan program.

   3.      Komputer Generasi Ketiga (1966-1974)
Perkembangan komputer generasi ketiga dimulai dari penggunaan batu kuarsa untuk pembuatan IC dan miniaturisasi komponen-komponen elektronik. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem oprasi yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrumen, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC) di tahun 1958. IC pertama mengkombinasikan 3 komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen kedalam suatu chip tunggal yang disebut semi konduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat didapatkan dalam chip.

   4.      Komputer Generasi Keempat (1974 – 1982)
Di mana LSI diganti oleh VLSI (very large scale integration) yang berukuran memori amat besar. Peralatan input – output semakin canggih serta berkapasitas raksasa. Pada masa ini satelit mulai digunakan untuk saluran komunikasi data.

  5.      Komputer Generasi Kelima (1982 – sekarang)

Meski belum konkrit sosoknya, tapi perkembangan terus bertambah canggih dengan kehandalan yang meningkat. Diperkirakan aplikasi komputer generasi ini adalah pengambilan keputusan langsung oleh komputer, pengolahan data yang terbesar langsung ke rumah-rumah, serta sistem informasi berukuran raksasa. Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Dipasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Selain itu pada generasi ini juga ditemukan World Wide Web (www) oleh Tim burners-Lee. Dan juga sudah dimulai penggunaanbrowser, dan pada saat ini sudah ada berbagai browser diantaranya Netscape Navigator, Explorer, Mozilla, Opera dan lain sebagainya


EmoticonEmoticon