Pengertian Internet

Pengertian Internet




Internet singkatan dari Interconnected Networking merpakan jaringan computer luas yang menghubungkan pemakai computer satu dengan computer lainnya dan dapat berhubungan dengan computer dari suatu Negara ke Negara seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi. Fasilitas layanan internet Browsing atau surfing yaitu kegiatan “berselancar” diinternet.



Selain itu internet juga disebut sebagai a global network of computer networks atau sebuah jaringan computer dalam skala global/mendunia. Jaringan computer ini berskala internasional yang dapat membuat masing-masing computer saling berkomunikasi. Network ini membentuk jaringan inter-koneksi ( Inter-connected network ) yang terhubung melalui protokol TCP/IP.
Internet dapat digambarkan sebagai jaringan laba-laba yang menyelimuti bumi terdiri atas titik-titik yang saling berhubungan. Node tersebut dapat berupa computer, notebook, atau peralatan komunikasi seperti handphone PDA (Personal Data Assistance). Garis penghubung antar node disebut Internet backbone yang berupa media transmisi seperti kabel, serta optic maupun gelombang mikro (microwave).
Ada Dua Peran Internet Yang Sangat Penting Yaitu :
1.    Sebagai sumber data dan informasi
Internet menyimpan berbagai macam informasi, siapa yang terhubung dengan internet dapat mengakses informasi tersebut.
2.    Sarana pertukaran data dan informasi
Dua computer yang saling terhubung dengan internet dapat melakukan pertukaran informasi tanpa dibatasi jarak fisik dan dapat dilakukan secara cepat.









Sumber Diambil dari:
LKS TIK kelas 9 ,


EmoticonEmoticon