TOPOLOGI JARINGAN


 Jaringan komputer adalah  kumpulan dua atau lebih komputer yang saling berhubungan satu sama lain untuk melalukankomunikasi data dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi (kabel atau nirkabel)sehingga komputr komputer tersebut dapat saling berbagi informasi,data,program,dan penggunaan perangkat keras secara bersama.tujuan dari jaringan komputer adalah membagi sumber daya,komunikasi,dan akses infoermasi.
 dalam sebuah jaringan komputer terdapat computer server dan computer client.Computer server adalah komputer yang berfungsi untuk melayani pengiriman dan penerimaan data dari komputer-komputer yang ada dai dalam sebuah jaringan . komputer server juga sebagai penyedia data-data , program-program , file-file dan sebagainya . sedangkan computer client adalah komputer yang menerima layanan .
         sebuah jaringan komputer yang sangat sederhana bisa diperlihatkan seperti gambar berikut



keuntungan penggunaan jaringan komputer adalah sebagai berikut.
1. dapat saling berbagi (sharing) sumber daya peralatan  (devices) secara bersama seperti harddisk, printer ,modem, dan lain sebagainya tanpa harus memindahkan peralatan-peralatan tersebut kepada yang membutuhkan. dengan demekian terjadi peningkatan efesiensi waktu dalam operasi dan biaya pembelian hardware.
2. dapat saling berbagi (sharing) penggunaan file atau data yang ada pada server atau pada masing-masing workstation
3. aplikasi dapat dipakai bersama sam (multiuser)
4.akses ke jaringan memakai nama,password,dan pengatur hak untuk data-data rahasia,sehingga masing-masing pengguna memiliki otorisasi.
Keuntungan penggunaan jaringan komputer adalah sebagi berikut.
1.Dapat saling berbagi (sharing) sumber daya peralatan (devices) secara bersama seperti harddisk, printer, modem, dan lain sebagainya tanpa harus memindahkan peralatan-paralatan tersebut kepada yang membutuhkan. Dengan demikian terjadi peningkatan efesiensi waktu dalam operasi


EmoticonEmoticon